Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Kosakata Penerbangan– Banyak istilah-istilah umum dalam penerbangan yang bisa berguna bagi kamu yang ingin bekerja di dunia penerbangan. Dengan mempelajari serta mengetahui istilah-istilah ini, Kita tak akan bingung dan apabila ada pertanyaan akan lebih mudah menjawab. Sebenarnya istilahnya mudah, Hanya saja karena banyak menggunakan bahasa Inggris maka istilah tersebut terdengar asing di telinga kita, Tapi sebenarnya sangat mudah dipahami. Langsung saja kita bahas disini!  Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Istilah-Istilah Penerbangan

Dikutip dari NYtimes.com, Bahasa Inggris diamanatkan sebagai bahasa penerbangan internasional pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II, karena penerbangan komersial meluas ke seluruh dunia. Sementara akal sehat menyatakan bahwa penerbangan membutuhkan lingua franca, bahasa yang kaya akan kosa kata dan nuansa seperti bahasa Inggris menghadirkan beberapa tantangan dalam operasi penerbangan, di mana komunikasi seharusnya singkat dan tidak ambigu.

Tetap saja, penerbangan sekarang tidak dapat dipisahkan dari bahasa Inggris, dan kebutuhan akan keterampilan komunikasi bahasa Inggris yang lebih baik jelas karena semakin banyak negara menjadi pemain utama dalam penerbangan komersial.

Itu didefinisikan sebagai tingkat di mana kosa kata dan tata bahasa baik, tetapi juga di mana “pelafalan, tekanan, ritme, dan intonasi” memadai untuk berkomunikasi dengan jelas dan cepat dalam bahasa Inggris. Terutama koordinai antara pilot dengan petugas pengontrol lalu lintas udara harus menggunakan bahasa Inggris, Keseragaman bahasa akan lebih meminimalisir kesalahan yang bisa saja fatal. Nah kita mulai belajar istilah-istilah penerbangan dari mulai istilah yang sederhana.

Istilah-Istilah Penerbangan yang Gampang

Istilah-istilah ini sering disebut dan sangat umum digunakan, Biasanya berhubungan dengan layanan penumpang. Mungkin di antara kamu sudah ada yang mengetahuinya namun ada juga yang belum. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya kita pahami bersama istilah-istilah tersebut.

Delay : berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti penundaan. Penundaan penerbangan adalah saat penerbangan lepas landas dan / atau mendarat lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan. Penerbangan tertunda ketika 15 menit lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan. Pembatalan terjadi ketika maskapai tidak mengoperasikan penerbangan sama sekali karena alasan tertentu. Berbeda dengan delay yang penundaan untuk sementara waktu, Ada juga istilah Postpone Flight yang berarti penerbangan tersebut benar-benar ditunda.

Take Off : Biasa disebut dengan Lepas landas [Istilah Bahasa Indonesia]. adalah fase penerbangan di mana pesawat yang lepas landas secara horizontal, ini biasanya dimulai dengan transisi dari bergerak di tanah di landasan. Kebalikan dari Lepas landas adalah Landing atau pendaratan.

Jet Lag : Jet lag adalah istilah yang digunakan untuk gejala yang disebabkan oleh gangguan “jam internal” tubuh dan perkiraan ritme 24-jam (sirkadian) yang dikontrolnya. Gangguan terjadi ketika melintasi beberapa zona waktu, yaitu ketika terbang dari timur ke barat atau barat ke timur. Jet lag dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gangguan fungsi usus, kantuk di siang hari, kesulitan tidur di malam hari, dan penurunan kinerja fisik dan mental. Efeknya sering dikombinasikan dengan kelelahan yang disebabkan oleh perjalanan itu sendiri. Gejala jet lag berangsur-angsur hilang karena tubuh beradaptasi dengan zona waktu baru.

Turbulensi :turbulensi pada dasarnya adalah guncanganpada pesawat yang bisa disebabkan oleh angin, badai, kedekatan dengan pegunungan, dan faktor-faktor lainnya. Secara umum turbulensi tidakalh berbahay, Walau tetap sama bisa memberikan luka ringan atau serius pada penumpang maupun kru kabin. Maka dari itulah pentingnya kita mengenakan sabuk pengaman di dalam pesawat.

Divert : adalah Pengalihan rute dari tujuan kedatangan aslinya ke tujuan kedatangan baru, biasanya sementara. Penerbangan dapat dialihkan karena berbagai alasan. Cuaca buruk, masalah mekanis, hingga konflik bersenjata, dan bencana alam.

Disamping itu ada istilah umum yang akrab menggunakan bahasa Inggris : Passenger [penumpang], Infant [penumpang bayi], Transit [Pemberhentian sementara], Seatbelt : Sabuk pengaman, Lavatory : Toilet dalam pesawat. Cabin crew : Kru kabin/Pramugari pramugara. Boarding : Proses penumpang naik ke pesawat.

Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Istilah-Istilah Penerbangan Untuk Kru Penerbangan

Disamping stilah-istilah umum yang mudah dipahami. Ada juga istilah-istilah yang penting buat dikeahui oleh kandidat yang ingin bekerja sektor penerbangan terutama yang ingin menjadi staff airline, AVSEC dan awak kabin pramugari. Sehingga dengan memahami istilah ini bisa mempermudah dalam penghafalan, atau siapa tau akan muncul dalam soal seleksi.

Counter check in : Penumpang pergi ke area khusus di mana mereka dapat memulai prosedur naik pesawat dengan bantuan karyawan maskapai. Area khusus untuk penumpang yang check-in disebut sebagai konter. Penumpang juga dapat mengantar bagasi mereka dan mendapatkan boarding pass.

Dangerous Goods : adalah segala zat atau bahan yang mampu menimbulkan risiko yang tidak masuk akal terhadap kesehatan, keselamatan, dan properti saat diangkut dalam perdagangan. Mengidentifikasi barang berbahaya adalah langkah pertama untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh produk dengan pengemasan, komunikasi, penanganan, dan penyimpanan yang tepat.

Aviation Security : Sistem keamanan penerbangan. Petugas bandara yang menjalankan prosedur Aviation Security disebut dengan personil AVSEC. Beberapa piranti yang akrab dengan personil AVSEC antara lain Walk throug metal detector yaitu semacam gawang untuk mendeteksi logam yang melewatinya. Ilmu di balik cara mereka bekerja didasarkan pada persamaan Maxwell. Detektor terbaru mencakup beberapa zona deteksi yang memungkinkan mereka menentukan dengan tepat lokasi logam yang menyebabkan bunyi alarm. Sedangkan alat lain yangberbentuk stik untuk memeriksa dugaan metal pada tubuh penumpang disebut dengan metal detector.

Pengetahuan ataupun istilah yang lebih mendalam seputar ilmu penerbangan bisa kamu pelajari lebih mendalam di sekolah penerbangan. Sehingga ini adalah kegiatan yang baik dalam rangka menambah wawasan pengetahuan. Disamping program yang dijalankan oleh sekolah penerbangan seperti on the job training yang membantu dalam mengenali lingkungan bandara beserta istilah-istilahnya di sana secara mandiri. Sehingga pada saat bekerja nantinya kita sudah jauh lebih paham serta mudah memahami istilah-istilah penerbangan.

Baca Juga : Cara Bekerja di Bandara

FAAST Penerbangan sudah membuka pendaftaran siswa baru untuk elas staff airline dan kru kabin! Ini adalah kesempatan terbaik untuk lebih memperdalam pengetahuan penerbangan sesuai jurusannya disamping bisa lebih banyak memperbanyak kosakata dalam penerbangan yang secara spesifik tidak banyak yang tau lewat Aviation Knowledge! Untuk informasi pendaftaran FAAST Penerbangan! Silakan hubungi panitia pendaftaran sekolah FAAST Penerbangan BERIKUT :  Kak Eri FAAST : 0895-4230-09107

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Itulah gambaran tentang Istilah-Istilah Penerbangan yang Perlu Kamu Ketahui! yang admin ketahui. Jika dirasa anda mempunyai informasi terbaru tentang hal tersebut dan atau apabila dirasa terdapat kesalahan informasi yang telah saya sampaikan diatas, mohon dapat disampaikan melalui kolom komentar atau dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0822-2500-7272 agar berita tersebut dapat segera kami perbarui.

Perlu diketahui juga bahwa segala bentuk berita, biaya pendidikan, teknis & aturan pendaftaran, syarat pendaftaran dan segala fasilitas pendidikan sekolah pramugari FAAST Penerbangan terbaru mengacu pada website utama www.faast.co.id.

Terima kasih


WhatsApp chat