@Notice: Mohon maaf atas ketidaknyamananya, website ini sedang dalam proses perbaikan content / pengalihan ke lembaga FAAST Penerbangan. Berbagai kalimat / gambar / video yg didalamnya terkandung label PSPP akan kami ubah menjadi FAAST Penerbangan dalam beberapa waktu kedepan hingga pemberitahuan ini kami nonaktifkan. Pemberitahuan ini juga berlaku untuk seluruh website / akun sosial media dengan kepemilikan yang sama (Atas Nama Kak Diyan). Terima kasih. ~Kebencian hanya merugikan diri sendiri, kami akan tetap tersenyum ketika tersakiti... ALLAH Maha Besar, ALLAH Tidak Tidur, Kami selalu berserah diri kepada NYA... Bismillah...

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Bolehkah Berfoto didalam Pesawat?– Belum lama ini  sempet heboh surat edaran dari maskapai Garuda Indonesia tentang imbauan agar tidak mendokumentasikan kegiatan di dalam pesawat baik itu berupa foto ataupun video. Terlepas dari apa yang melatarbelakanginya, Sebenarnya dari segi keamanan dan etika bolehkah mengambil gambar didalam pesawat? Yuk cari tau jawabannya disini…

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Saat ini kita memasuki era digital komunikasi yang pesat. Perkembangan informasi yang cepat membuat media internet bertransformasi sebagai media sharing yang menjadi pilihan utama. Sharing atau berbagi ini bisa lewat sosial media seperti Instagram, atau lewat vlog di Youtube. Lantas jika kita melakukan kegiatan mengambil foto ataupun video didalam kabin pesawat apakah memiliki dampak terhadap keselamatan ataupun etika penerbangan?

Mengambil foto didalam pesawat dinilai sebagian orang sebagai hal yag menarik dan sering dilakukan, Mungkin itu juga sekaligus momen berbagi pengalaman. Namun bagaimana undang-undang mengatur itu? Sampai saat ini aturan yang menjadi rujukan Peraturan Menteri (PM) 80 Tahun 2017 namun sebatas larangan berfoto/mengambil gambar ditempat-tempat tertentu di area bandara. Diantaranya adalah : Tempat pemeriksaan keamanan[security checkpoint], tempat pengendalian keamanan penerbangan [acces control point], Juga tempat pelayanan keimigrasian. Kecuali telah memperoleh izin dari pihak berwenang dalam hal ini atas izin kepala bandara tersebut. Semua itu bertujuan untuk memberikan perlindungan keamanan terbatas, Demi kenyamanan bersama.

Sedangkan aturan foto didalam pesawat masih abu-abu. Menurut aturan dan peraturan penerbangan terbang, kita hanya disarankan untuk mematikan HP atau memindahkannya ke dalam mode penerbangan sehingga tidak mengganggu siapa pun yang bepergian dalam penerbangan. Juga tidak akan menggangu sistem navigasi antara pilot dengan pengontrol lalu lintas udara di darat. Bukan karena mengaktifkan HP bisa membuat pesawat jadi oleng kemudian jatuh, Tapi sinyal dari HP tersebut bisa mengacaukan gelombang radio petugas ATC dengan pilot. Bayangkan jika dalam keadaan penting tiba-tiba komunikasi terganggu gara-gara aktivitas sinyal handphone, Nah lho itu bisa membahayakan keselamatan semua orang didalam pesawat.

Boleh Asalkan….

Memperjelas Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat? Bukan masalah boleh atau tidak boleh namun berkaitan juga dengan obyek yang hendak difoto. Jika hanya ingin menfoto awan dari dalam pesawat maka seharusnya tidak masalah asal sudah menonaktifkan HP alias dalam mode pesawat. Atau jika ingin menfoto suasana dalam kabin. Apabila menfoto kru kabin atau pramugari didalam pesawat sebaiknya jangan langsung main foto saja, Ada baiknya meminta izin pada pramugari tersebut. Bahkan dibeberapa negara memberikan aturan tegas soal ini termasuk didalamnya negara Amerika Serikat. Dikutip dari stuff.co.nz, Mengambil gambar anggota kru yang bekerja didalam pesawat tidak diizinkan oleh sebagian besar maskapai penerbangan di  Amerika Serikat demi keselamatan penumpang dan kru kabin/pramgari, serta keamanan kabin. Karena Jika ditemukan bukti  mengambil gambar atau video dari kru penerbangan ini dapat menempatkan penumpang atau pramugari dalam keadaan bahaya, Juga ada etika yang harus kita jaga. Karena kita tidak boleh memotret sembarang orang. Penumpang maskapai domestik seringkali merasa tidak berdaya. Dan harus menghapus fotonya. So, Jika Anda ingin mengambil foto pramugari didalam kabin pesawat, Sebaiknya meminta izin terlebih dahulu. Apalagi jika kemudian Anda mengunggahnya ke sosial media. Ini bisa melanggar Undang-Undang tentang hak cipta dan UU ITE. Wah ngeri ya guys, Makannya kita harus bijaksana dan hati-hati.

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Bolehkah Mengambil Gambar Didalam Pesawat?

Maskapai yang Mempebolehkan Ambil Gambar

Meski aturannya tidak begitu jelas soal batasan pengambilan gambar ini, Banyak maskapai penerbangan memiliki kebijakan soal ini, meskipun seringkali tidak secara tertulis, tentang mengambil foto dan video di penerbangan. Namun, dalam kebanyakan kasus, kebijakan ini tidak jelas. Pada dasarnya boleh asal memenuhi kaidah-kaidah tertentu demi keamanan dan kenyamanan semua pihak. Dikutip dari Detik, Salah satu maskapai terkemuka di ndonesia, Lion Air beserta grupnya memperbolehkan penumpang mendokumentasikan gambar didalam pesawat mereka dengan syarat ketentuan. Syarat ketentuan tersebut diantaranya ialah penumpang harus meminta izin terlebih dahulu pada pihak manajemen. Karena ada daerah atau kondisi dimana berfoto itu tidak diperbolehkan. Misal berfoto di bawah sayap atau didekat mesin pesawat. Itu area berbahaya. Kemudian dalam situasi tertentu seperti saat landing atau take off[posisi mengenakan seat belt]. Kemudian pada saat briefing ataupun safety demonstration. Serta hal-hal lain yang bisa menggangu kerja pramugari. Dalam hal ini juga, Pramugari Lion Air juga wajib mengingatkan dan memberikan masukkan jika menemukan kegiatan tersebut didalam kabin.

Sedangkan maskapai Garuda Indonesia sempat mengeluarkan surat edaran mengenai larangan mengambil foto dan video didalam pesawat. Karena ada “aksi” yang mendahuluinya, Lalu Garuda Indonesia memberikan ‘reaksinya’. Walau dalam laporan CNBCIndonesia, Garuda Indonesia kemudian meralat aturan tersebut. Penumpang tetap boleh melakukan pengambilan gambar atau selfie didalam pesawat asal tidak menggangu kenyamanan orang lain maupun kru penerbangan. Karena sekali lagi kita harus saling menghormati privasi masing-masing. Sebaliknya apakah pramugari atau mungkin pilot boleh mengambil gambar didalam pesawat? Misal untuk keperluan selfie atau foto bersama untuk dibagikan ke sosmed?  Itu tergantung kebijakan maskapai tempat tersebut. Walau mungkin dinegara maju seperti AS, Hal itu tidak disarankan. Karena selain faktor privasi, Itu untuk masalah keamanan.  Yakni untuk mencegah teroris mendapatkan informasi terkait dengan tata letak atau desain pesawat, Adakah sesuatu yang dapat ditemukan dalam gambar atau video yang dapat menunjukkan potensi kelemahan yang mungkin dieksploitasi oleh pembajak? Mungkin saja ada. Tentu negara seperti Amerika Serikat lebih insecure soal ini, Karena mereka pernah mengalami serangan terorisme yang mengerikan didalam pesawat yang terkenal dengan peristiwa  11 September.

Baca Juga : Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat