@Notice: Mohon maaf atas ketidaknyamananya, website ini sedang dalam proses perbaikan content / pengalihan ke lembaga FAAST Penerbangan. Berbagai kalimat / gambar / video yg didalamnya terkandung label PSPP akan kami ubah menjadi FAAST Penerbangan dalam beberapa waktu kedepan hingga pemberitahuan ini kami nonaktifkan. Pemberitahuan ini juga berlaku untuk seluruh website / akun sosial media dengan kepemilikan yang sama (Atas Nama Kak Diyan). Terima kasih. ~Kebencian hanya merugikan diri sendiri, kami akan tetap tersenyum ketika tersakiti... ALLAH Maha Besar, ALLAH Tidak Tidur, Kami selalu berserah diri kepada NYA... Bismillah...

Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Tips Aman Dan Selamat Saat Penerbangan– Saat ini moda transportasi udara seperti pesawat komersil merupakan pilihan transportasi yang mulai digemari! Alasanya karena waktu perjalanan jauh lebih cepat ditempuh dengan menggunakan pesawat yang bahkan bisa melintasi antar pulau dengan cepatnya. Terlebih lagi banyak maskapai-maskapai baru yang saat ini menawarkan pilian low cost carrier atau tarif penerbangan berbiaya rendah yang membuat setiap orang kini berkesempatan untuk merasakan sensasi terbang menggunakan pesawat. Namun bagi pemula, Tetap saja ada rasa kehawatiran jika pertama kali naik pesawat, Khawatir akan keselamatan dan keamanan pesawat, Daripada makin khawatir yuk ketahui Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Tips Aman Saat Naik Pesawat!

Pelanggan pesawat yang terbang secara reguler mungkin pernah mendengar gagasan umum bahwa penerbangan itu sendiri adalah bagian teraman dari perjalanan. Faktanya adalah bahwa ini bukan hanya pendapat individu, tetapi itu adalah fakta keras yang solid bahwa banyak orang cenderung sangat mengabaikan. Misalnya, mereka yang bertanya-tanya seberapa aman pesawat terbang yang secara statistik lebih aman daripada naik taksi atau mengendarai sepeda. Jika ini masalahnya, maka teruslah membaca!

Apakah Naik Pesawat itu aman? Mungkin ini pertanyaan yang sering terlontar dari dalam diri kita sendiri, Faktanya kuantitas kecelakaan pesawat terbang tidaklah sebanyak kecelakaan saat di darat, Hanya jika sekali terjadi kecelakaan pesawat, Media akan memblow up nya habis-habisan, Karena ini peristiwa besar, Tak heran ini mempengaruhi persepsi seseorang dan ketakutannya. “Apakah naik pesawat itu aman?”

  • Perusahaan-perusahaan penerbangan sepenuhnya menyadari perlunya pilot yang sangat terlatih, yang menjelaskan alasan mengapa begitu banyak investasi masuk ke proses sekolah dan seleksi. Pilot masa depan umumnya belajar cara mengelola berbagai aliran informasi secara efektif, cara bekerja sama dengan kolega, dan cara mengejar rutinitas yang dikonfirmasi.
  • Komputer canggih, penentuan posisi satelit global, dan telekomunikasi semuanya menyediakan tingkat akurasi penerbangan yang tinggi yang tidak mungkin dilakukan pada hari-hari awal perjalanan.Menurut laporan thefearofflying Rekor keselamatan di seluruh dunia saat ini untuk penerbangan telah meningkat 10 kali lipat, dengan kecelakaan fatal terjadi kurang dari sekali dalam 2 juta penerbangan.
  • Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi sebanyak perhatian diberikan pada area penumpang sebagai area pilot. Terlepas dari kelas tiketnya, semua kursi di pesawat terbang telah memenuhi standar ketat untuk keselamatan dan daya tahan benturan kepala. Kursi pesawat terbang hari ini dapat berhasil menahan gaya gravitasi 16 kali. Selain itu, bantal dan kain dapat dipadamkan sendiri dan tidak mengeluarkan asap beracun. Bahkan barang-barang tidak penting yang ditemukan di belakang kursi dipastikan tidak mematikan.
  • Pesawat dan pilot itu sendiri jelas memainkan peran utama dalam industri penerbangan, sistem canggih lalu lintas udara baru dirancang untuk memungkinkan pesawat terbang menerbangkan rute terbang yang diprogram sendiri melalui GPS. Dengan diatur oleh petugas pengontrol lalu lintas udara atau ATC yang memandu rute pesawat menghindarkannya dari potensi tabrakan dengan pesawat lain, Navigator juga bekerja sama dengan BMKG untuk menghindarkan pesawat dari ancaman cuaca buruk. Peningkatan keamanan yang dapat diamati oleh semua orang adalah yang terlihat di bandara itu sendiri. Monitor untuk deteksi gerakan dapat menunjukkan semua kendaraan di semua landasan pacu, gerbang terminal dan taxiway, dan pengendali secara otomatis menerima peringatan jika terjadi tabrakan.

Ya meskipun sudah ada beberapa fakta tersebut, Mungkin bisa lebih memuaskan jika ada tambahan Tips Aman Saat Naik Pesawat berikut. Berikut adalah beberapa tips agar tetap aman saat penerbangan. Yang terpenting, perhatikan kru pramugari ketika mendemonstrasikan alat-alat keselamatan, cara pakainya dan kemungkinan evakuasi. Mereka ada di sana untuk membuat penumpang seaman mungkin.

Dengarkan Pramugarimu!

Akui saja, Kalian sering tidak mendengarkan instruksi atau demonstrasi keselamatan yang diberikan oleh pramugari sesaat sebelum keberangkatan kan? Mendengarkan instruksi dari kru kabin itu sangat penting! Agar saat terjadi kejadian tak terduga, Kalian bisa memasang masker oksigen dengan benar misalnya sesuai petunjuk para kru kabin, Juga kalian tau apa yang harus dilakukan ketika keadaan darurat terjadi, Itu bisa meminimalisir korban jiwa. Para pramugari telah menjalani pelatihan yang ketat dalam hal keselamatan. Mereka menghabiskan berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan, hanya untuk menghafal manual awak kabin yang mencakup detail pesawat, prosedur keselamatan, studi kasus, dan lain sebaginya. Mereka melalui latihan simulasi berenang di lautan lepas bahkan cara bertahan hidup di hutan. Karenanya, Instrukssi pramugari sangat penting untuk dipatuhi dan jangan begitu saja mengabaikannya, terutama ketika mereka menerapkan prosedur keselamatan standar seperti meminta memasang sabuk pengaman dan sebagainya.

Memasang Sabuk Pengaman

Turbulensi bisa sangat berbahaya, tergantung pada seberapa buruk itu. Meskipun mungkin tidak akan menyebabkan pesawat jatuh, tambalan turbulensi yang sangat kasar (seperti yang dijelaskan di atas) dapat menyebabkan cedera parah. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengenakan sabuk pengaman setiap saat di pesawat terbang, hanya melepasnya jika kalian harus bangun untuk meregangkan tubuh atau pergi ke kamar kecil. Sangat penting untuk mengenakannya jika pilot atau kru telah menginstruksikan!

Perhatikan Dimana Pintu Darurat

Lagi-lagi dengarkan pramugarimu! Ini terkait bagaimana mengoperasikan pintu keluar darurat  jika terjadi keadaan darurat. Mengetahui kemungkinan pesawat benar-benar menabrak, sepertinya cukup bagus. Ukur jarak dari tempat duduk seberapa jauh letak pintu darurat tersebut! Ini sangat penting! Apabila kamu tak mengetahui letak pintu darurat, Maka dipastikan kamu akan kocar-kacir jika situasi darurat benar–benar terjadi. Penumpang yang duduk didekat pintu darurat nantinya juga diberi pengertian oleh pramugari serta dimohon bantuannya jika terjadi situasi yang mengharuskan membuka pintu darurat.

Kenakan Pakaian yang Tepat

Dengan prosedur keamanan bandara yang semakin meningkat saat ini, penumpang dapat khawatir tentang cara berpakaian untuk bandara seperti cara berpakaian di perjalanan mereka. Tetapi begitu naik pesawat, cara berpakaian tidak hanya memengaruhi kenyamanan selama penerbangan, tetapi juga kemungkinan untuk lolos dari situasi darurat. Dilansir dari traveltips usatoday, Pakailah pakaian yang longgar dan ringan untuk menghindari darah yang menyempit, dan coba pakai kaus kaki kompresi jika  memiliki riwayat keluarga yang mengalami pembekuan darah. Celana jins atau celana panjang dengan ikat pinggang tetap tidak memberikan ruang perut  untuk mengembang secara alami dengan tekanan ini, jadi tetaplah memakai celana dengan tali pinggang atau ikat pinggang elastis.

Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Tips Aman Saat Naik Pesawat! Trik Nyaman Selama Penerbangan!

Pastikan juga pakaian perjalanan terdiri dari bahan serat alami seperti katun, linen, dan wol. Itu adalah beberapa kain paling aman untuk digunakan jika terjadi kebakaran. Panas tinggi melelehkan kain sintetis seperti nilon dan poliester pada tubuh, membakar dan melepuh kulit, sementara serat alami berubah menjadi abu. Kain alami juga membuat tubuh nyaman dalam situasi penerbangan normal, karena kain ini memungkinkan kulit tetap sejuk dan nyaman dalam kondisi panas atau lembab. Alas kaki yang tidak cocok dapat menimbulkan masalah besar jika terjadi evakuasi. Sepatu berujung terbuka atau longgar seperti sandal jepit dan sandal lainnya dapat terperangkap di puing-puing, membuat kaki tersandung ketika mencoba untuk keluar. Juga pastikan bahwa sepatu yang dipakai  di pesawat pas, memungkinkan kaki untuk lincah dalam situasi melarikan diri.

Baca Juga : Pengertian Dangerous Goods Istilah Penting di Dunia Penerbangan!

Nah demikian Tips Aman Saat Naik Pesawat! Intinnya tetap berpikiran positif dan meyakinkan bahwa kamu aman samapi tujuan. Karena petugas keselamatan teknisi pesawat ataupun navigator pesawat tidak akan membiarkan pesawat terbang jika ada masalah. Intinnya semua sudah dipersiapkan dengan baik supaya kamu bisa menikmati perjalanan penerbangan dengan aman dan nyaman.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat