@Notice: Mohon maaf atas ketidaknyamananya, website ini sedang dalam proses perbaikan content / pengalihan ke lembaga FAAST Penerbangan. Berbagai kalimat / gambar / video yg didalamnya terkandung label PSPP akan kami ubah menjadi FAAST Penerbangan dalam beberapa waktu kedepan hingga pemberitahuan ini kami nonaktifkan. Pemberitahuan ini juga berlaku untuk seluruh website / akun sosial media dengan kepemilikan yang sama (Atas Nama Kak Diyan). Terima kasih. ~Kebencian hanya merugikan diri sendiri, kami akan tetap tersenyum ketika tersakiti... ALLAH Maha Besar, ALLAH Tidak Tidur, Kami selalu berserah diri kepada NYA... Bismillah...

Sekolah AVSEC di Indonesia Dengan Izin Resmi Kemenhub & Kemendikbud

Persyaratan Masuk Sekolah AVSEC– Mungkin banyak diantara kita hanya tau beberapa profesi dibidang penerbangan, Contohnya Pramugari dan pilot. Padahal masih banyak profesi dibidang penerbangan yang tak kalah kerennnya seperti Petugas ATC, Ground staff hingga AVSEC. Apa itu AVSEC dan pendidikan apa yang harus ditempuh agar dapat menjadi AVSEC? Berikut Sekolah AVSEC di Indonesia Dengan Izin Resmi Kemenhub & Kemendikbud.

Mengenal Profesi AVSEC Aviation Security

Aviation Security atau biasa disingkat dengan AVSEC, Adalah kondisi keamanan penerbangan udara sedangkan nama petugasnya disebut dengan personil AVSEC. Seperti dengan namanya, Personil AVSEC bertugas atau bertanggung jawab atas segala macam potensi kejahatan di Bandara baik itu ancaman fisik dengan senjata api/tumpul/tajam atau dari benda-benda berbahaya Dangerous goods.

Bandara telah menjadi objek yang rawan setelah tragedi 9-11 di Amerika Serikat, Maka setelah itu dilakukan upaya preventif, menciptakan banyak lapisan perlindungan terhadap penjahat potensial. Pekerjaan keamanan bandara sekarang mencakup bidang tanggung jawab yang luas, memberikan aspiran dengan sejumlah besar pilihan untuk berkarier di bidang ini. Personil keamanan bandara AVSEC ditunjuk untuk melindungi wisatawan udara, properti serta negara, dari berbagai macam kegiatan kriminal.

Pekerjaan AVSEC keamanan bandara dapat dibagi secara luas menjadi dua kategori – pekerjaan administrasi dan pekerjaan operasi. Personil keamanan yang bekerja dalam operasi bertanggung jawab langsung untuk pelaksanaan tindakan keamanan, sementara mereka yang merupakan bagian dari manajemen administratif memantau operasi keamanan rutin dan terus meningkatkannya. Pekerjaan manajemen juga melibatkan tugas yang tidak terkait langsung dengan keamanan seperti pekerjaan seorang spesialis keuangan yang mengelola anggaran dari pengaturan keamanan. Tuntutan pekerjaan dan penghasilan dapat bervariasi tergantung pada tingkat tanggung jawab yang terkait dengan posisi serta kinerja dan pengalaman masa lalu.

Personil AVSEC keamanan bandara melindungi wisatawan dari keadaan darurat, pencurian, aktivitas kriminal, dan terorisme. Dalam tugasnya, Para personil AVSEC dibekali dengan hand-held metal detector, Serta pengawasan terhadap mesin x-ray dan walk through metal detector. Untuk mencegah situasi seperti itu, alat metal detector digunakan.Alat ini dapat mendeteksi barang bawaan penumpang yang berbahaya seperti senjata api, senjata tajam dan tumpul serta jenis barang lain yang berpotensi mengancam keselamatan banyak orang.

Ya kadang-kadang terasa menjengkelkan ketika melewati metal detector  tetapi itu juga salah satu cara paling efisien untuk melindungi sejumlah besar orang pada satu waktu. hand-held metal detector dapat digunakan untuk keamanan tambahan. Tidak masalah jika orang itu adalah VIP, Presiden atau sejenisnya. Alat ini membantu dalam mengidentifikasi dan mengasingkan orang yang merupakan ancaman. Tersangka dan perangkat yang dibawanya dapat segera diamankan dari sekitarnya dan nyawa banyak orang bisa diselamatkan. Ya, metal detector bisa jadi merepotkan dan ya itu bisa menjengkelkan untuk mengantri jika ada banyak orang yang menunggu masuk, tetapi semua kerumitan dan kekesalan yang layak itu bisa meminimalisir ancaman kejahatan atau serangan teroris. Selain itu pengawasan terhadap mesin x-ray untuk mendeteksi barang-barang yang akan dibawa oleh penumpang harus dipastikan aman. Paket tersembunyi berisi bom cair, obat-obatan, atau pisau tajam yang jika tidak akan melewati metal detector tidak terdeteksi namun akan terlacak dalam pemindaian sinar-x.

Mengapa Harus Menjadi AVSEC?

Dengan pesatnya indusri penerbangan,  Tidak hanya dalam tingkat nasional tapi hampir disemua belahan dunia ini, Maka tak heran kebutuhan akan tenaga kerja baru dibidang ini juga mengalami peningkatan. Terutama dalam bidang Aviation Security ini. Mengapa Anda Harus menjadi AVSEC? Personil AVSEC ada yang berada dibawah PT.Angkasa Pura yang merupakan BUMN Bandara, Tentunnya bakal banyak bonus dan tunjangan yang didapatkan apabila kita menjadi pegawai BUMN seperti AVSEC ini. Selain bonus dan tunjangan ada pula asuransi, jenjang karier dan jaminan hari tua. Karena statusnya yang dibawah BUMN, Anda tidak perlu merisaukan lagi berapa Gaji AVSEC itu. Yang jelas itu sudah sangat menggiurkan.

Nah, Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi Personil AVSEC. Beberapa kriteria ini perlu Anda penuhi, Seperti Kesehatan jasmani rohani hingga pendidikan minimal Sekolah menengah atas sederajat. Syarat wajib lainnya, Kandidat personil AVSEC harus memiliki lisensi STKP atau Surat tanda kecakapan khusus yang disahkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub.

 

Baca Juga : Biaya Sekolah Penerbangan Terbaru Tahun 2019/2020

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat